Capaian Pembelajaran (CP) seni budaya kelas 6 semester 2
Seni Budaya
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam, dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi, meskipun masih berdasarkan penglihatan sendiri. Peserta didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan, serta prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
Peserta didik mampu menciptakan karya dua atau tiga dimensi dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna.
Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus serta karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas, karya seni dari orang lain, atau budaya tertentu), serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
Peserta didik mulai terbiasa secara mandiri menggunakan berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar. Peserta didik mengetahui, memahami, dan mulai konsisten mengutamakan faktor keselamatan dalam bekerja.
Peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat, atau konteks lingkungannya.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian, jenis-jenis, dan manfaat dari kolase.
Memberikan apresiasi terhadap alat musik Indonesia yang dikenal dunia.
Mengidentifikasi pilihan bahan dan alat dalam pembuatan kolase.
Menjelaskan pengertian koreografi.
Menentukan langkah-langkah menyusun karya seni tari.
Mempraktikkan cara membuat kolase.
Menjelaskan pengertian, jenis-jenis, dan fungsi dari relief.
Menjelaskan tari kreasi kelompok.
Menampilkan tari kreasi daerah secara berkelompok.
Mempraktikkan cara pembuatan relief.
Menjelaskan pengertian, sejarah, penciptaan, serta bahasa yang digunakan dalam musik tradisional dan modern.
Menjelaskan pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, dan fungsi teater modern.
Mengidentifikasi berbagai macam alat musik tradisional dan modern.
Mengidentifikasi jenis-jenis teater modern.
Menjelaskan pengertian gelar karya seni teater.
Mengidentifikasi identitas musik tradisional dan modern.
Menjelaskan langkah-langkah merancang pertunjukan teater.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Bergotong royong.
Mandiri.
Bernalar kritis.
Kreatif.