Capaian Pembelajaran (CP) IPAS kelas 6 semester 2
IPAS
Capaian Pembelajaran (CP)
-
Peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam, dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi, meskipun masih berdasarkan penglihatan sendiri. Peserta didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan, serta prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.
-
Peserta didik mampu menciptakan karya dua atau tiga dimensi dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna.
-
Peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus serta karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas, karya seni dari orang lain, atau budaya tertentu), serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.
-
Peserta didik mulai terbiasa secara mandiri menggunakan berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar. Peserta didik mengetahui, memahami, dan mulai konsisten mengutamakan faktor keselamatan dalam bekerja.
-
Peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat, atau konteks lingkungannya.
Tujuan Pembelajaran (TP)
-
Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian benda-benda langit.
Menelaah pemanfaatan sumber energi alternatif.
Menyebutkan anggota-anggota tata surya dan ciri-cirinya.
Menerapkan upaya-upaya penghematan energi.
-
Menjelaskan pengaruh gerak rotasi bumi dan gerak revolusi bumi.
-
Mengidentifikasi aktivitas manusia yang berdampak positif terhadap lingkungan.
Menjelaskan pengaruh gerak bulan terhadap bumi.
-
Mengidentifikasi aktivitas manusia yang berdampak negatif terhadap lingkungan.
Menjelaskan pentingnya peran energi dalam kehidupan.
-
Membuat produk untuk mengurangi dampak negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan.
Mengidentifikasi bentuk dan sumber energi di lingkungan.
-
Menjelaskan masalah lingkungan akibat aktivitas manusia di lingkungan sekitar.
Menelaah penggunaan berbagai bentuk dan sumber energi.
-
Menganalisis upaya mengatasi masalah lingkungan akibat aktivitas manusia.
Menjelaskan jenis-jenis sumber energi terbarukan.
Profil Pelajar Pancasila
-
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Bergotong royong.
Mandiri.
Bernalar kritis.
Kreatif.