Capaian pembelajaran (CP) bahasa indonesia kelas 6 semester 2
Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami ide pokok suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau berasal dari media audio.
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak maupun elektronik.
Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenali dengan fasih.
Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
Peserta didik mampu menjelaskan peristiwa atau tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam teks narasi.
Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati sesuai dengan topik.
Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan konteks.
Peserta didik mampu mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, serta penjelasan dalam suatu percakapan atau diskusi secara aktif.
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam percakapan dan diskusi dengan mengikuti aturan yang berlaku.
Peserta didik mampu menceritakan kembali informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan berbagai topik.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang rinci dan akurat.
Peserta didik mampu terampil menulis tegak bersambung.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Siswa diharapkan dapat menentukan informasi dalam bacaan, blog, atau jurnal.
Mempraktikkan debat dengan baik.
Memetakan ide dan informasi dengan peta berpikir.
Menentukan isi bacaan.
Mendiskusikan ide dan informasi dengan peta berpikir.
Menggunakan ungkapan dan peribahasa.
Mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan dalam teks.
Menentukan mitos atau fakta yang dihadapi tokoh dalam cerita pendek.
Membedakan teks fiksi dan nonfiksi.
Membandingkan dua buah iklan yang dibaca.
Menjelaskan ide pokok dan ide pendukung dalam teks.
Mengidentifikasi bagian-bagian dalam kuitansi.
Menanggulangi isi teks argumentasi.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
Bergotong royong.
Mandiri.
Bernalar kritis.
Kreatif.